Profil Adiwiyata SMK Merdeka Bandung

SMK Merdeka sebagai salah satu SMK Swasta Unggulan di Kota Bandung menetapkan Visi ”Terwujudnya SMK MERDEKA menjadi SMK Model yang Bermutu, Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan pada Tahun 2019″.

Dalam mewujudkan Visi tersebut, maka SMK Merdeka berkomitmen untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan melalui kegiatan Adiwiyata.

Sekolah Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata) perlu mendapat perhatian kita semua, alasannya sederhana, “Bumi kita semakin  rusak” lingkungan  tempat kita berada  sudah tidak lagi  memberikan rasa nyaman.  Siapakah yang merusak Bumi ini, jangan sepenuhnya menyalahkan   pihak lain atau orang lain, kita pun terlibat di dalamnya. Siapa yang harus memperbaiki lingkungan?

Memahami makna sekolah berwawasan lingkungan yang seharusnya adalah berbuat untuk menciptakan kualitas lingkungan sekolah yang kondusif, ekologis, lestari secara nyata dan berkelanjutan, tentunya dengan cara-cara yang simpatik, kreatif, inovatif dengan menganut nilai-nilai dan kearifan budaya lokal.

Tujuan program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah sebagai tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Kegiatan utama program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia..

Sekolah berwawasan lingkungan (adiwiyata) bukan hanya tampilan fisik sekolah yang hijau/rindang, tetapi Wujud sekolah yang memiliki program dan aktivitas pendidikan mengarah kepada kesadaran dan kearifan terhadap lingkungan hidup. Program pendidikan dikemas secara partisipatif penuh, percaya pada kekuatan kelompok, mengaktifkan dan menyeimbangkan Feeling, Acting, dan Thinking, sehingga tiap individu bisa merasakan nilai keagungan inisiasinya. Secara konsep kelompok didorong untuk mampu melahirkan visi bersama dengan memahami apa yang menjadi makna (Definisi), menemukan dan mengapresiasi apa yang telah ada dan tentunya itu terbaik (Discovery), menemukan apa yang semestinya ada (Dream), menstrukturkan apa yang ada (Design) dan merawatnya hingga menjadi ada (Destiny), sehingga hasilnya akan melampaui dari apa yang dinginkan dan sangat sinergi dengan konteks realitas yang ada dalam kehidupan sekolah.

Program Adiwiyata Sekolah di SMK Merdeka Bandung mulai di rintis Tahun Pelajaran 2016/2017.  Dan Pada Tahun 2017 telah berhasil meraih penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Kota. Target Adiwiyata Provinsi diharapkan dapat tercapai pada tahun 2018 dan Tingkat Nasional Tahun 2019.

Mari bergandeng tangan menggapai cita-cita bersama, mewujudkan SMK Merdeka sebagai Sekolah yang berwawasan lingkungan.